Senin, 29 Maret 2010

Kuli-Ah ?

ditulis oleh zul dalam : blog

Kuliah-kuliah lagi ? Pusing- pusing lagi?
Bukan karena apa-apa, udah kagak punya duid tambah lagi makin sulit juga sistematika pendaftaran, saingan makin banyak, yang pake duid juga masikn merebak.

Kuliah adalah ajang mencari mahasiswa ber-uang (bukan berbakat) fenomena seperti itu sudah tercium kemana-mana. Menyebalkan jika harus bersaing dengan calon mhs agak pinter (tapi duid bejibun) dengan calon mhs pinter (tapi duid sekarat).

Memang sih, sekarang banyak kampus yang nawarin beasiswa, penelusuran bibit unggul(unggul duidnya baru iya!), trus kemudahan bagi yang kurang mampu. Tapi penerapannya N.O.L !!
Ada oknum sekolah yang seharunsnya menjadi perantara ke pihak kampus, juga melakukan tindakan kriminal halus. Bahkan KKN sudah terjadi dalam lingkup sekolah saja, misalnya ada tuh guru BP yang tugasnya menyalurkan bakat-bakat siswa yang kurang mampu supaya bisa merasakan nikmatnya bangku kuliah eh! malah keluar jalur yang seharunya mereka lakukan. Buat guru BP yang punya famili di sekolahnya trus pengen masuk kuliah gratis, ya , dibiarin nyelonong ajah tanpa melihat seberapa tidak mampunya dia, padahal masih banyak anak miskin yang otaknya kinclong tapi kalah saing deh ama anak-anak sok miskin tapi kantongnya tebel.

Uh!!
Belum ada Badan Pengawas Uang Kuliah (BPUK) yang menangani kemana hak-hak anak miskin yang pengen kuliah. Begitu Indonesia! dari atas udah rusak kebawah juga ikutan rusak. Tapi paling tidak sekarang sudah muncul pahlawan-pahlawan pembela bangsa yang menyingkirkan segala bentuk penyelewengan. Semoga orang-orang semacam itu akan terus bermunculan hingga Indonesia ini gak semakin parah pemerintahannya(lhoh kok endingnya jadi soal pemerintahan)

2 komentar:

  1. Inilah yang namanya komersialisasi pendidikan.
    Menurut COnfucius, pendidikan adalah makna kehidupan. Menurutku pendidikan adalah pencerahan kehidupan. Tapi bagi bangsa kita pendidikan adalah ajang pencarian materi. Hedonis bukan bangsa kita? Gak seperti dulu, dulu pendidikan kita adalah media perjuangan untuk memerdekakan bangsa kita dari penjajahan.

    BalasHapus
  2. Wah, mas topik ternyata pikirannya udah jauh kedepan !! salut dah, aku masih belajar mas, ya dengan menyelidiki sekaligus observasi kayak gitu supaya tambah ilmu dan informasi.
    tenkyu mas, sudah mau mampir dan napak tilas di blog saya..
    hehe

    BalasHapus