Minggu, 28 Februari 2010

Ada 8 Tipe Kecerdasan Kawan, Pilih yang mana?

ditulis oleh zul dalam : resensi
Kebetulan salah satu posting saya ada yang menyinggung sedikit tentang kecerdasan yang dimiliki seseorang (Orang Pinter Cenderung Kuper?) makanya saya akan membeberkan 8 tipe Kecerdasan Manusia menurut Howard Gardner. Mari kita bahas secara singkat saja :
1. Word Smart (Kecerdasan Linguistik)
Kecerdasan dalam mengolah atau kecerdasan bahasa (linguistic) adalah kemampuan untuk menyusun kata-kata dengan baik. Menurut Thomas Amstrong, kecerdasan bahasa menempati 2/3 bagian dalam kehidupan sekolah. Orang yang mempunyai kecerdasan ini, mampu merangkai kata dengan baik melalui lisan maupun tulisan.
2. Picture Smart (Kecerdasan Spasial)
Jika kamu mampu memvisualisasikan gambar dalam kepala atau menciptakannya ke dalam bentuk dua atau tiga dimensi, berarti kecerdasan spasial kamu dominant. Orang dengan kecerdasan seperti ini tepat berkarir sebagai penemu (seperti Einstein dalam memvisualisasikan teori relativitasnya) desainer, seniman dll.
3. Music Smart (Kecerdasan Musik)
Jika kamu senang mendengarkan musik, mencoba menganalisa tiap nadanya dalam kepalamu. Mereka miliki kepekaan akan irama, menikmati musik. Salurkan bakatmu dengan mengikuti kegiatan berbau musik dan tentunya bermanfaat.
4. Logic and Number Smart (Kecerdasan Logis-Matematis)
Kecerdasan dalam melibatkan ketrampilan mengolah angka dan/atau menggunakan logika. Orang-orang dengan kemampuan ini akan dengan mudah menggunakan symbol-simbol dalam belajar dan menjabarkan sesuatu yang abstark menjadi pasti. Biasanya sukses dalam hal peneliti (matematika dan fisika),akuntan, programmer computer dll.
5. Nature Smart (Kecerdasan Naturalis)
Kecerdasan naturalis melibatkan kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam di sekitar kita semisal flora, fauna, jenis-jenisa bebatuan dan permukaan bumi. Ahli biologi, arkeolog, ahli geologi, dokter hewan membutuhkan kemampuan ini.
6. People Smart (Kecerdasan Antarpribadi)
Orang yang memiliki kecerdasan semacam ini akan dengan mudah merancang suatu even dengan sukses. Ia memimpin anak buahnya baik mengarahkan memberikan perintah tanpa menggurui, serta mampu mengelola pontensi mereka sehingga teroptimalkan. Banyak yang menjadi penyiar(radio atau TV),presiden, direktur dll.
7. Self Smart (Kecerdasan Intrapribadi)
Kecerdasan Intrapribadi adalah kecerdasan seseorang untuk memahami diri sendiri, yakni kecerdasan untuk memahami siapa diri kita sebenarnya. Denga self smart akan melahirkan, seld motivate (kemampuan memotivasi diri sendiri), self helping (kemampuan mengatasi problematika sendiri), bahkan self healing(kemampuan mengobati diri sendiri)
8. Body Smart ( Kecerdasan Kinestetik-Jasmani)
JIka kamu terampil menggerakkan tubuhmu untuk tujuan-tujuan tertentu, atau mampu menggerakkan tangan kamu untuk menghasilkan sebuah karya, kecerdasa kinestetik kamu berarti lebih kuat. Kecerdasan kinestetik di perlukan setiap orang untuk mampu menjalani hidup dengan baik.

Dan kebanyakan seorang manusia memiliki lebih dari satu dari 8 tipe kecerdasan itu, maka jangan pernah merasa diri anda pas-pasan saja, walau sebenarnya Anda itu adalah orang cerdas. Cerdas tidak diukur dengan menghitung nilai matematika Anda, Ronaldo tidak dikatakan ‘bodoh’ karena dia bisa menoptimalisasikan kecerdasan yang ia miliki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar